Kamis, 27 Agustus 2009

Ibu Wayan Srining




NI WAYAN SRINING
USIA :
67 TAHUN
TEMPAT TINGGAL :
DUSUN PURAJA

Ni Wayan Srining adalah seorang ibu yang kini telah berusia 67 tahun. Ibu ini tinggal seorang diri disebuah gubuk amat sederhana disebuah ladang yang dikelilingi pepohonan. Beliau tidak memiliki anak karena beliau tidak pernah menikah. Sejak kakaknya meninggal puluhan tahun lalu, beliau menjalani kesehariannya tanpa ada yang menemani.

Kegiatan ibu Wayan Srining setiap hari adalah mencari kayu bakar untuk dijual ke pasar, dan atau kalau ada musim kopi atau cengkeh, beliau memungut buah kopi atau cengkeh yang terjatuh dan dikumpulkan satu per satu, kemudian dijual ke pasar. Dapat kita bayangkan bahwa tentunya tidaklah banyak yang bisa dihasilkan dari semua itu. Apalagi dengan usia beliau yang sudah tua, tentunya beliau tidak selalu bisa melakukan kegiatan-kegiatan itu setiap hari. Dan kalaupun beliau dapat mengumpulkan kayu bakar untuk dijual, tentulah hasil yang beliau terima tidaklah banyak. Mungkin hanya cukup untuk membeli keperluan makan beliau. Seperti saat kedatangan kami ke gubuknya, kami temui beliau sedang membuat sapu lidi dari daun kelapa yang telah beliau kumpulkan.

Tinggal seorang diri disebuah gubuk yang kecil, tentunya bisa kita bayangkan, betapa amat tersiksanya beliau menghadapi hari-harinya. Terlebih lagi jika kita melihat keadaan di dalam gubuk. Sungguh amat menyayat hati kami, melihat tempat tidur beliau yang hanya beralaskan selembar tikar yang telah usang dan disekelilingnya berserakan berbagai benda, belum lagi dinding gubuk yang tentunya jauh dari rasa nyaman. Namun beliau tetap tegar menjalani hidup bertahun-tahun dengan kondisi seperti itu.

Ibu Wayan Srining..., Semoga ada hati yang terketuk oleh penderitaan ibu. Semoga Tuhan selalu menjaga ibu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar